KISI-KISI LUS (Latihan Ujian Sekolah) Kelas 6 ABCD
Hari / Tanggal : Rabu / 12 Maret 2025
KISI-KISI LATIHAN UJIAN SEKOLAH
Jenis Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Bahasa Lampung
Alokas Waktu : 120 Menit
No. |
Kompetensi yang Diuji |
Lingkup Materi |
Materi |
Indikator Soal |
No Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
1 |
Memahami wacana
dari teks cerita
yang berisi tentang indahnya kebersamaan dengan menggunakan bahasa
lampung secara tulis maupun lisan |
Bahasa |
Teks narasi |
1.
disajikan teks narasi
, peserta didik
dapat menentukan judul wacana 2.
disajikan teks narasi
, peserta didik
dapat menyebutkan fungsi nuwou sesat
|
1
2 |
L1
L1 |
PG
PG |
2 |
Memahami informasi tentang
poster |
Bahasa |
poster |
2. disajikan kalimat, peserta didik dapat menentukan penjelasan dari poster |
48 |
L3 |
PG |
3 |
Memahami bentuk-bentuk kata dasar dari
teks yang berisi tentang hemat energi |
Bahasa |
Kata dasar |
3. disajikan kalimat, peserta didik dapat
menentukan kata dasar
dari kata berimbuhan |
3 |
L1 |
PG |
4 |
Memahami bentuk-bentuk
kata berimbuhan dari teks yang berisi tentang hemat energi |
Bahasa |
Kata berimbuhan |
4. disajikan kalimat, peserta didik dapat melengkapi kata
dasar dengan imbuhan yang tepat |
4 |
L1 |
PG |
5 |
Memahami ragam
perwatin dan ragam bahasa merwatin dalam
bahasa lampung dari teks
percakapan yang berisi kasih sayang terhadap sesama
makhluk hidup |
Bahasa |
Kata ganti orang |
5. disajikan kalimat, peserta didik dapat
mengidenfikasi kata ganti
pertama orang dalam bahasa
perwatin |
5 |
L1 |
PG |
6 |
Memahami ragam bahasa merwatin dalam bahasa lampung dari teks
percakapan yang berisi
kasih sayang terhadap
sesama makhluk hidup |
Bahasa |
Kata ganti orang |
6. disajikan kalimat, peserta didik dapat
menuliskan kata ganti
orang kedua dalam bahasa merwatin |
6 |
L3 |
PG |
7 |
Memahami kata
tanya dalam dialog sederhana berbahasa lampung
tentang pekerjaan |
Bahasa |
Kata tanya |
7. disajikan dialog, peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan kata tanya
yang tepat |
7 |
L2 |
PG |
8 |
Menuliskan kata tanya
dalam dialog sederhana berbahasa lampung
tentang pekerjaan |
Bahasa |
Kata tanya |
8. disajikan ilustrasi, peserta didik dapat
menentukan kata tanya yang tepat buat kalimat rumpang |
8 |
L2 |
PG |
9 |
Memahami gambar binatang |
Pengetahuan
Umum |
Gambar gajah |
9. disajikan gambar binatang, peserta
didik dapat mengidenfikasi nama binatang tersebut |
9 |
L2 |
PG |
10 |
Memahami tentang cinta tanah air |
Pengetahuan
Umum |
Sulam/Kain Tapis |
10.
disajikan kalimatr, peserta didik dapat mengidenfikasi hasil kerajinan (sulam/kain) khas Lampung |
10 |
L2 |
PG |
11 |
Menemukan informasi
melalui karangan narasi berbahasa lampung |
Bahasa |
Kalimat Langsung
dan Kalimat Tak Langsung |
11. disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukant kalimat langsung dalam bahasa Lampung |
11 |
L3 |
PG |
jhbnj
12 |
Mengamati teks
berisi tentang berbagai peristiwa dalam kehidupan |
Pengetahuan
Umum |
Tradisi
masyarakat Lampung |
12. disajikan kalimat aksara lampung, peserta didik
dapat menyebutkan salah satu
tradisi yang ada
pada masyarakat Lampung |
14, 17, 18 |
L2 |
PG |
13 |
Memahami teks yang berisi
tentang peristiwa atau kegiatan tradisi lampung
(tentang kegiatan upacara adat, pernikahan, dll) serta objek-objek wisata
Lampung |
Pengetahuan
Umum |
Objek Wisata |
13. disajikan kalimat,
peserta didik dapat menentukan tempat
wisata way kambas |
36 |
L2 |
PG |
14 |
Mengamati teks percakapan
yang menggunakan kata-kata sapaan atau sebutan (panggilan) dalam keluarga dan terhadap orang yang lebih tua |
Bahasa |
Kata Ganti
Orang |
14. disajikan
kalimat, peserta didik dapat menuliskan kata ganti
orang ketiga dalam bahasa merwatin |
19 |
L1 |
PG |
15 |
Menganalisis teks percakapan yang menggunakan kata-kata sapaan atau sebutan (panggilan) dalam keluarga dan terhadap orang yang lebih tua |
Bahasa |
Kata Ganti Orang |
15. disajikan
dialog, peserta didik dapat menganalisis kalimat dengan
menggunakan kata ganti orang yang tepat |
20 |
L3 |
PG |
16 |
Memahami teks tentang pentingnya kesehatan |
Pengetahuan
Umum |
Istilah
kesehatan dalam bahasa Lampung |
16. disajikan
kalimat, peserta didik dapat menuliskan istilah kesehatan dalam bahasa Lampung |
21 |
L2 |
PG |
17 |
Menuliskan kalimat tentang pentingnya
kesehatan |
Pengetahuan
Umum |
Istilah kesehatan dalam bahasa Lampung |
17. disajikan kalimat,
peserta didik dapat menuliskan istilah kesehatan dalam bahasa
Lampung ke bahasa Indonesia |
22 |
L3 |
PG |
18 |
Memahami contoh-contoh
sikap kepedulian dan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia |
Pengetahuan
Umum |
Tapis Lampung |
18. disajikan
gambar, peserta didik dapat mengidenfikasi
salah satu motif
kain tapis |
23 |
L1 |
PG |
19 |
Mengidentifikasi bahasa
perwatin/bahasa halus dan merwatin/ragam bahasa halus
pada saat percakapan dalam
acara adat Lampung |
bahasa |
Ragam bahasa biasa dan ragam bahasa
halus |
19. disajikan percakapan, peserta didik dapat menggunakan ragam
bahasa biasa dalam percakapan |
24 |
L1 |
PG |
20 |
Menuliskan bahasa
perwatin/bahasa halus dan merwatin/ragam bahasa halus |
bahasa |
Ragam
bahasa biasa dan ragam bahasa halus |
20. disajikan percakapan, peserta didik dapat menuliskan ragam bahasa halus
dalam percakapan |
25 |
L3 |
PG |
21 |
Memahami sikap
kepedulian dan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia |
Bahasa |
Pola kalimat |
21. disajikan kalimat, peserta didik dapat menentukan pola kalimat |
50 |
L1 |
PG |
22 |
Memiliki rasa tanggung
jawab dan kepedulian dalam melestarikan aksara dan angka lampung |
Bahasa |
Angka lampung |
22. disajikan
kalimat, peserta didik dapat menuliskan angka dalam
bahasa Lampung |
26 |
L3 |
PG |
23 |
Memahami ungkapan-ungkapan dalam bahasa lampung |
Sastra dan
aksara |
Ungkapan |
23. disajikan ungkapan, peserta didik dapat mengidenfikasi arti/makna dari
sebuah ungkapan |
27 |
L1 |
PG |
24 |
Menuliskan ungkapan-ungkapan dalam bahasa lampung |
Sastra dan aksara |
Ungkapan |
24. disajikan ungkapan, peserta didik
dapat menuliskan ungkapan ke dalam aksara Lampung |
28 |
L3 |
PG |
25 |
Menganalisis ungkapan-ungkapan dalam bahasa lampung |
Sastra dan
aksara |
Ungkapan |
25. disajikan ungkapan, peserta
didik dapat menganalis
ungkapan ke dalam bahasa Lampung 26. disajikan kalimat aksara peserta didik
dapat menentukan bunyi dari aksara. 27. disajikan kalimat rumpang peserta didik
dapat melengkapi pribahasa tersebut
|
43
12&45
44
|
L3
L2
L1 |
PG
PG
PG |
26 |
Memahami tentang
sejarah dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan
masyarakat lampung |
Pengetahuan
Umum |
Gambaran
Umum tentang Propinsi Lampung |
28.disajikan teks, peserta didik dapat mengidenfikasi
dua adat masyarakat Lampung 29. disajikan teks,
peserta didik dapat menyimpulkan falsafah hidup
orang Lampung 30. disajikan teks,
peserta didik dapat menjelaskan gambaran geografis propinsi lampung 31. disajikan teks,
peserta didik dapat
menuliskan slogan masyarakat Lampung |
30
31
32
33 |
L1
L2 L3
L3 |
PG
PG PG
PG |
27 |
Memahami informasi
dari teks cerita (tentang Pahlawan Radin Intan bag. I dan II, kesehatan, alam
sekitar, dll), melalui bantuan guru
dan teman dalam |
Pengetahuan
Umum |
Teks Pahlawan RADEN INTAN |
32. disajikan teks
peserta didik dapat mengidentifikasi tahun kelahiran Raden Intan 33. disajikan teks
peserta didik dapat mengidenfikasi nama ayah/kakek Raden Intan |
34
35 |
L1 L1 |
PG PG |
28 |
Permainan tradisional lampung |
bahasa |
Jeduman |
34.disajikan kalimat, peserta
didik dapat menyebutkan salah satu permainan. |
16 |
L1 |
PG |
29 |
Mengidentifikasi
dan mampu membaca, menulis
angka dan bilangan Lampung dengan baik dan benar |
bahasa |
Angka lampung |
34. disajikan kalimat peserta didik dapat menuliskan angka berdasarkan dari
pelafalannya 35. disajikan kalimat peserta
didik dapat menjumlahkan angka dalam
bahasa Lampung 36. disajikan kalimat
peserta didik dapat menuliskan angka ke dalam aksara
lampung |
37
38
39 |
L3
L2 L3 |
PG
PG PG |
30 |
Mengidentifikasi
dan memahami teks sastra lisan Lampung
(ringget, segata, adi-adi,
wayak, bebandung, warahan, dll) melalui pemanfaatan bahasa Lampung dengan
baik dan benar |
sastra |
Pepacogh/pepaccur |
37. disajikan teks Pepacogh/pepaccur peserta didik dapat mengidentifikasi
ciri Pepacogh/pepaccur 38. disajikan teks
Pepacogh/pepaccur peserta didik dapat mengartikan baris kalimat dalam Pepacogh/pepaccur 39. disajikan teks Pepacogh/pepaccur peserta didik dapat menganalisis pesan
yang ada dalam Pepacogh/pepaccur |
40
41
42 |
L2 L2 L3 |
PG PG PG |
31 |
Memahami dan mampu
menyusun kalimat rumpang |
Bahasa |
Kalimat rumpang |
40. disajikan kalimat, peserta didik
dapat menyusun kalimat rumpang
|
29 |
L2
|
PG
|
32 |
Mengidentifikasi dan memahami teks lagu daerah Lampung sesuai dengan kaidah-kaidahnya |
sastra |
Lagu lampung dalam aksara |
41. disajikan teks
lagu lampung peserta didik dapat menyebutkan judul lagu 42. disajikan teks
lagu lampung peserta didik dapat melengkapi teks lagu 43. disajikan teks
lagu lampung peserta didik dapat menuliskan sebuah
judul lagu dalam aksara Lampung |
13
47
46 |
L1 L2 L3 |
PG PG PG |
33 |
Memahami makna dari Pribahasa Ungkapan/ Idiom dalam Bahasa Lampung |
Sastra |
Ungkapan/ Idiom |
44. disajikan kalimat
lampung,
peserta didik dapat menentukan penulisan aksara lampung |
15
|
L3
|
PG
|
Komentar
Posting Komentar