KISI-KISI BAHASA LAMPUNG SAS SEMESTER 2 (GENAP) KELAS IV
Hari / Tanggal : Senin / 2 Juni 2025
KISI-KISI PAS BAHASA LAMPUNG KELAS 4 SEMESTER 2
NO |
KD |
MATERI |
INDIKATOR SOAL / STIMULUS |
LEVEL KOGNITIF |
BENTUK SOAL |
NOMOR SOAL |
1 |
4.3.6 Memahami teks narasi
tentang cinta tanah air |
1. Ngelestariko keghajinan
lampung
2. nyepok kata-kata sulit
3. kata berimbuhan |
1.
disajikan
kalimat, peserta didik dapat menyebutkan bahan-bahan kain tapis. 2.
disajikan
kalimat,peserta didik dapat menyebutkan asal kain tapis. 3.
disajikan
gambar,peserta didik dapat menyebutkan jenis keghajinan tradisional masyarakat
lampung 4.
Disajikan
kalimat,peserta didik dapat mengartikan kata-kata sulit yang terdapat pada
kalimat. 5.
Disajikan
kalimat,peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai. 6.
Disajikan
sebuah kalimat,peserta didik dapat menentukan kata dasar dari kata
berimbuhan. 7.
Disajikan
kalimat,peserta didik dapat menunjukkan kata berimbuhan. 8.
Disajikan
kalimat,peserta didik dapat menentukan imbuhan kata pada kata dasar. 9.
Disajikan
kalimat,peserta didik dapat membedakan kata berimbuhan dengan kata dasar. 10. Disajikan kalimat bertuliskan
aksara,peserta didik dapat membaca aksara dengan benar. 11. Disajikan kalimat bertuliskan
aksara,peserta didik dapat mengartikan kata yang bertulis tebal. 12. Disajikan kalimat bertuliskan
aksara,peserta didik dapat menuliskan ke tulisan latin. 13. Disajikan kalimat,peserta didik dapat
menyalin dengan aksara. |
L3
L2
L3 |
PG
ISIAN
PG
PG
PG
PG
PG
PG
ISIAN
PG
PG
PG
ISIAN |
8
1
9
10
11
12
13
14
2
15
16
17
3 |
2 |
4.3.7 menemukan informasi
melalui karangan narasi berbahasa lampung tentang mengapai cita-cita |
1. Contoh kalimat langsung
dan tak langsung
2. Aksara lampung
|
14. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik
dapat menyebutkan termasuk kalimat apakah kalimat tersebut. 15. Disajikan teks dialog,peserta didik dapat
menunjukkan mana kalimat langsung. 16. Disajikan teks dialog,peserta didik dapat
menunjukkan mana kalimat tidak langsung. 17. Disajikan kalimat,peserta didik dapat
membedakan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung. 18. Disajikan teks,peserta didik dapat
menyebutkan ciri-ciri kalimat langsung. 19. Disajikan teks,peserta didik dapat
menyebutkan ciri-ciri kalimat tidak langsung. 20. Disajikan tulisan aksara,peserta didik
dapat membaca aksara dengan benar. 21. Disajikan kalimat berbahasa
lampung,peserta didik dapat menuliskannya dengan aksara 22. Disajikan kalimat aksara,peserta didik
dapat bunyi aksara yang dimaksud. 23. Disajikan gambar,peserta didik dapat
menyebutkan gambar tersebut dalam bahasa lampung. 24. Disajikan sebuah kata,peserta didik dapat
menuliskannya dengan aksara yang benar. 25. Disajikan teks,peserta didik dapat
mengisi bagian yang rumpang dengan kata-kaata yang sesuai. 26. Disajikan teks,peserta didik dapat
mengisi bagian yang rumpang dengan kata-kata yang sesuai. 27. Disajikan kalimat berbahasa lampung,
peserta didik dapat menuliskan kembali dengan aksara yang benar. |
L3
L3 |
ISIAN
URAIAN
PG
PG
PG
PG
PG
ISIAN
PG
PG
URAIAN
PG
PG
PG |
4
1
18
19
20
21
22
5
23
24
2
25
26
27 |
3 |
4.3.8 Memahami isi teks
aksara lampung mengenai lingkungan tempat tinggal |
1. mencari kata-kata yang berkaitan
dengan kesehatan dalam bahasa lampung
2. menulis kata-kata
tersebut dengan menggunakan aksara.
3. mengidentifikasi kalimat
sempurna dan tak sempurna |
28. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik
dapat menentukan unsur kalimat berupa subjek. 29. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik
dapat menentukan unsur kalimat berupa predikat. 30. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik
dapat menentukan unsur kalimat berupa objek. 31. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik
dapat menentukan unsur kalimat /pola kalimat. 32. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik
dapat menentukan perbedaan antara unsur kalimat 33. Disajikan sebuah kalimat,peserta didik
dapat menentukan letak masing-masing unsur kalimat. 34. Disajikan kalimat,peserta didik dapat
menyebutkan judul lagu lampung. 35. Disajikan kalimat,peserta didik dapat
menyebutkan letak propinsi lampung. 36. Disajikan kalimat,peserta didik dapat
menyebutkan tanda baca dalam aksara. 37. Disajikan kalimat,peserta didik dapat
menyebutkan jumlah anak surat. 38. Disajikan kalimat,peserta didik dapat
menyebutkan fungsi dan kegunaan dari tanda mati. 39. Disajikan kalimat,peserta didik dapat
menyebutkan bentuk anak surat. |
|
PG
PG
PG
URAIAN
PG
ISIAN
ISIAN
PG
PG
PG
ISIAN
PG
|
28
29
30
3
31
6
7
32
33
34
8
35
|
4 |
4.3.9. memahami informasi
melalui teks eksposisi tentang makanan sehat dan bergizi yang berasal dari
daerah lampung. |
1. membaca teks makanan
bergizi
2. mengidentifikasi makanan
sehat dan makanan tidak sehat
3. mendengarkan nama-nama
benda yang disebutkan guru.
4. propinsi lampung |
40. Disajikan teks tentang makanan khas
lampung,peserta didik dapat menyebutkan judul teks 41. Disajikan teks tentang makanan khas
lampung,peserta didik dapat menyebutkan nama makanan khas daerah. 42. Disajikan teks tentang makanan khas
lampung,peserta didik dapat menyebutkan makanan empat sehat lima sempurna. 43. Disajikan gambar, peserta didik dapat
menemukan dan menyebutkan nama makanan khas lampung. 44. Disajikan kalimat, peserta didik dapat
menyebutkan yang termasuk makanan sehat. 45. Disajikan gambar, peserta didik dapat
menyebutkan macam-macam jenis makanan. 46. Disajikan kalimat,peserta didik dapat
menentukan nama-nama benda disekitar. 47. Disajikan gambar, peserta didik dapat
menyebutkan benda yang dimaksud. 48. Disajikan gambar, peserta didik
membedakan dan menyebutkan pakaian adat lampung. 49. Disajikan kalimat, peserta didik dapat
menyebutkan letak propinsi lampung. 50. Disajikan kalimat, peserta didik dapat menemukan dan
menyebutkan semboyan propinsi lampung. |
|
PG
PG
PG
ISIAN
PG
PG
PG
PG
URAIAN
ISIAN
URAIAN
|
1
2
3
9
4
5
6
7
4
10
5 |
Komentar
Posting Komentar