KISI-KISI STS GANJIL KELAS 1
Hari / Tanggal : Senin/ 13 Oktober 2025
No Soal |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Tujuan Pembelajaran |
Level Kognitif (Bloom) |
Bentuk Soal |
1–5 |
Perkenalan Diri |
Peserta didik mampu memperkenalkan diri dalam Bahasa Lampung (nama, umur,
tempat tinggal) dengan kalimat sederhana. |
Mampu menyebutkan identitas diri dan menyapa dengan Bahasa Lampung yang
sopan. |
C1–C2 (Pengetahuan & Pemahaman) |
Pilihan Ganda |
6–10 |
Anggota Tubuh |
Peserta didik dapat menyebutkan dan menunjuk bagian tubuh dalam Bahasa
Lampung. |
Mengidentifikasi dan menyebutkan bagian tubuh menggunakan Bahasa Lampung
dengan benar. |
C2–C3 (Pemahaman & Aplikasi) |
Pilihan Ganda |
11–15 |
Benda di Sekitar dan Warna |
Peserta didik mengenali benda dan warna di sekitar sekolah serta
menyebutkannya dalam Bahasa Lampung. |
Mengenal kosa kata dasar yang berkaitan dengan benda dan warna di
lingkungan sekitar. |
C2 (Pemahaman) |
Pilihan Ganda |
16–20 |
Aksara Lampung (Huruf Induk) |
Peserta didik dapat membaca dan menulis beberapa huruf induk aksara
Lampung (ka, ga, nga, pa, ba, ma). |
Mengenal bentuk huruf induk aksara Lampung dan penggunaannya. |
C3 (Aplikasi) |
Pilihan Ganda |
Isian 1–5 |
Angka dan Huruf Lampung |
Peserta didik mampu menulis angka 1–10 dalam aksara Lampung. |
Mengembangkan kemampuan menulis angka dan huruf Lampung. |
Psikomotor (Keterampilan) |
Isian |
Isian 6–10 |
Kalimat Sederhana & Perkenalan |
Peserta didik dapat melengkapi kalimat sederhana tentang diri sendiri
(Sai nami…, Sai tinggal di…). |
Mampu menulis dan melengkapi kalimat dasar Bahasa Lampung sesuai konteks. |
C3 (Aplikasi) |
Isian |
Uraian 1 |
Kalimat Sapaan (Tabik Pun) |
Peserta didik dapat menulis dan menjelaskan arti sapaan “Tabik Pun”. |
Menumbuhkan sikap sopan santun dan menghargai budaya Lampung. |
C2–Afektif (Pemahaman & Sikap) |
Uraian |
Uraian 2 |
Kalimat Perintah Sederhana |
Peserta didik dapat membuat contoh kalimat perintah seperti “Bukak lawang
ni.” |
Melatih kemampuan membuat kalimat sesuai konteks kehidupan sehari-hari. |
C3 (Aplikasi) |
Uraian |
Uraian 3 |
Menulis Aksara Lampung |
Peserta didik dapat menulis huruf induk aksara Lampung dengan rapi dan
benar. |
Melatih keterampilan motorik halus dan kemampuan menulis aksara. |
Psikomotor |
Uraian |
Uraian 4 |
Kalimat Tanya Sederhana |
Peserta didik mampu membuat kalimat tanya seperti “Sai nami mu?” |
Mengembangkan kemampuan bertanya menggunakan Bahasa Lampung. |
C3–C4 (Aplikasi & Analisis) |
Uraian |
Uraian 5 |
Menulis Kata dalam Aksara Lampung |
Peserta didik menulis kata sederhana seperti “bapak”, “ibu”, atau
“sekolah” dalam aksara Lampung. |
Melatih kemampuan membaca dan menyalin kata ke dalam aksara Lampung. |
C3 (Aplikasi) |
Uraian |
Komentar
Posting Komentar