KISI-KISI STS GANJIL KELAS 6
Hari / Tanggal : Senin/ 13 Oktober 2025
|
No Soal |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Tujuan Pembelajaran |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
|
1–15 |
Pahlawan Radin Inten II |
Peserta didik mampu mengenal tokoh Radin
Inten II, silsilah keluarga, perjuangan, waktu lahir dan wafat, serta lawan
penjajahan. |
Mengetahui dan memahami sejarah
perjuangan tokoh Lampung Radin Inten II sebagai pahlawan nasional. |
Pengetahuan (C1–C2) |
Pilihan Ganda |
|
16–17 |
Kosakata Bahasa Lampung |
Peserta didik mampu menentukan arti kata
dalam Bahasa Lampung seperti ‘mippin’, ‘nyeghang’, ‘kemaman’, dan
penggunaannya dalam kalimat. |
Memahami makna kosakata dasar dalam
Bahasa Lampung dan menggunakannya dalam konteks sederhana. |
Pemahaman (C2) |
Pilihan Ganda |
|
18–25 |
Bilangan dan Angka Lampung |
Peserta didik dapat membaca, menulis, dan
menghitung angka dalam aksara Lampung serta menerjemahkannya ke bahasa Latin. |
Mengenal dan menggunakan angka Lampung
untuk operasi hitung sederhana dan konversi simbol bilangan. |
Aplikasi (C3) |
Pilihan Ganda |
|
26–30 |
Aksara Lampung |
Peserta didik mampu mengenali bentuk
induk huruf dan anak huruf aksara Lampung serta posisi letaknya (atas, bawah,
samping). |
Mengenal struktur aksara Lampung beserta
sistem huruf induk dan anak hurufnya. |
Pengetahuan dan Pemahaman (C1–C2) |
Pilihan Ganda |
|
Isian 1–10 |
Bahasa dan Aksara Lampung |
Peserta didik mampu menuliskan jawaban
singkat terkait tokoh Radin Inten II, operasi hitung sederhana, penulisan
angka Lampung, dan kalimat dasar. |
Melatih keterampilan peserta didik dalam
menulis jawaban faktual, perhitungan angka, dan menulis simbol aksara. |
Aplikasi (C3) |
Isian |
|
Uraian 1 |
Kalimat Perintah dalam Bahasa Lampung |
Menjelaskan pengertian kalimat perintah
dan memberikan contohnya dalam Bahasa Lampung. |
Mengetahui dan menulis kalimat perintah
dalam bentuk Bahasa Lampung dengan benar. |
Analisis dan Aplikasi (C4–C5) |
Uraian |
|
Uraian 2 |
Kalimat dalam Bahasa Lampung |
Peserta didik dapat menulis contoh
kalimat perintah dan tanya menggunakan struktur SPOK Bahasa Lampung. |
Mengembangkan kemampuan menyusun kalimat
bermakna dalam Bahasa Lampung. |
Aplikasi (C3–C4) |
Uraian |
|
Uraian 3 |
Penulisan Aksara Lampung |
Menulis kalimat ‘SAI BUMI GHUWA JUGHAI’
dalam aksara Lampung. |
Mampu menulis teks pendek dalam aksara
Lampung dengan ejaan yang benar. |
Keterampilan (Psikomotor) |
Uraian |
|
Uraian 4 |
Kalimat Tanya dalam Bahasa Lampung |
Menjelaskan pengertian kalimat tanya dan
memberikan contoh sederhana. |
Mampu membedakan jenis kalimat perintah,
tanya, dan berita dalam Bahasa Lampung. |
Pemahaman dan Analisis (C2–C4) |
Uraian |
|
Uraian 5 |
Huruf Induk dan Tanda Nengen |
Menuliskan enam induk huruf aksara
Lampung yang dapat diberi tanda nengen/mati. |
Mampu mengenali dan menulis huruf-huruf
induk dengan tanda khusus dalam aksara Lampung. |
Pengetahuan dan Keterampilan (C1–C3) |
Uraian |
Komentar
Posting Komentar