KISI-KISI STS GANJIL KELAS IV (Empat)

 Hari / Tanggal      : Senin/ 13 Oktober 2025


Kelas                     : IV (Empat)

Unit                       : SD Al –Azhar 1 Bandar Lampung

Topik                    : Kisi-Kisi Soal STS



Capaian Pembelajaran : peserta didik mampu memahami kisi-kisi dan menjawab soal dengan tepat.



Tujuan Pembelajaran :


1. Mampu memahami kisi-kisi yang diberikan
2. Mampu menjawab soal yang diberikan dengan tepat.





                                                                       Materi Ajar


Assalamualaikum, wr.wb…

Tabikpun…Selamat Pagi..

Api kabagh ni anak– anak ku seunyinni ??

Semoga pagun dilom keadaan sihat yuu nak...

Alhamdulilah khani inji, kham dapok betungga luot dilom pelajakhan bahasa Lampung Semakung kham ngemulai pelajakhan di pagi hinji dang lupa bedu’a usahako sholat dhuha khik muroja’ah pai yu nak, nyin ilmu sai dekeni ulih gukhu dapok keti tekhima sai helau.



Anak – anakku, dilom peghtemuan sinji gham haga ngebahas kisi-kisi terkait pelajaghan sai ghadu gham keghjako jejama. Iyulah :


No Soal

Materi Pokok

Indikator Soal

Tujuan Pembelajaran

Level Kognitif (Bloom)

Bentuk Soal

1–5

Helauni Kebejamaan (Nilai Kebersamaan)

Peserta didik mampu memahami isi cerita “Helauni Kebejamaan”, mengenali tokoh, makna kebersamaan, dan nilai moralnya.

Meningkatkan pemahaman terhadap bacaan berbahasa Lampung dan meneladani nilai kerja sama dan tolong-menolong.

C1–C2 (Pengetahuan & Pemahaman)

Pilihan Ganda

6–10

Kalimat dalam Bahasa Lampung (SPOK)

Peserta didik dapat mengidentifikasi subjek, predikat, objek, dan keterangan dalam kalimat Lampung.

Mampu mengenali pola kalimat dasar (S–P–O–K) dan menyusun kalimat sederhana dengan benar.

C2–C3 (Pemahaman & Aplikasi)

Pilihan Ganda

11–17

Himat Energi (Penghematan Energi)

Peserta didik memahami konsep energi, macam-macam sumber energi, serta pentingnya menghemat energi.

Mampu menjelaskan jenis-jenis energi dan contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

C2–C3 (Pemahaman & Aplikasi)

Pilihan Ganda

18–23

Kata Tanya dalam Bahasa Lampung

Peserta didik mampu menggunakan kata tanya seperti sapa, dipa, pigha, akkun pa, kunpa dalam kalimat.

Mengembangkan kemampuan bertanya dan menjawab menggunakan kata tanya Bahasa Lampung dengan konteks tepat.

C2–C4 (Pemahaman & Analisis)

Pilihan Ganda

24–28

Pekerjaan dan Tempat (Petani, Nelayan, Guru)

Peserta didik mampu mengenali kosa kata pekerjaan dan aktivitasnya dalam Bahasa Lampung.

Mengenal istilah pekerjaan dan tempat kerja menggunakan Bahasa Lampung dengan benar.

C2–C3 (Pemahaman & Aplikasi)

Pilihan Ganda

29–33

Membaca Aksara Lampung

Peserta didik dapat membaca tulisan Lampung ke dalam huruf Latin dengan benar.

Melatih kemampuan membaca dan mengenali huruf serta bunyi dalam aksara Lampung.

C3 (Aplikasi)

Pilihan Ganda

34–36

Susunan Kata menjadi Kalimat

Peserta didik dapat menyusun kata acak menjadi kalimat Bahasa Lampung yang benar.

Meningkatkan kemampuan berbahasa dan menyusun kalimat logis sesuai tata bahasa Lampung.

C3–C4 (Aplikasi & Analisis)

Pilihan Ganda

37–40

Makna Kata dan Sinonim Bahasa Lampung

Peserta didik memahami arti kata seperti nanom, sabah, ngawil, ngajagh dalam konteks kalimat.

Memperluas perbendaharaan kosa kata Bahasa Lampung.

C2 (Pemahaman)

Pilihan Ganda

41–45

Membaca Kalimat Beraksara Lampung

Peserta didik mampu membaca dan memahami kalimat dalam aksara Lampung seperti “Petani nanom padi di sabah.”

Mengembangkan kemampuan membaca dan melafalkan aksara Lampung.

C3 (Aplikasi)

Pilihan Ganda

Isian 1–10

Kalimat dan Kata Tanya Bahasa Lampung

Peserta didik mampu melengkapi kalimat, menuliskan arti, dan menentukan kata tanya yang sesuai.

Meningkatkan keterampilan menulis dan memahami konteks kalimat Lampung sederhana.

C3 (Aplikasi)

Isian

Uraian 1

Menyusun Kalimat S–P–O–K

Peserta didik membuat satu contoh kalimat Bahasa Lampung dengan pola S–P–O–K.

Melatih kemampuan menulis kalimat lengkap dalam Bahasa Lampung.

C3–C4 (Aplikasi & Analisis)

Uraian

Uraian 2

Membaca Tulisan Lampung (Himt/aEnERgi)

Peserta didik menuliskan hasil bacaan aksara Lampung ke huruf Latin.

Melatih keterampilan transliterasi dari aksara ke Latin.

C3 (Aplikasi)

Uraian

Uraian 3

Cara Menghemat Energi

Peserta didik menuliskan contoh cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.

Menanamkan kesadaran pentingnya perilaku hemat energi.

C2–Afektif

Uraian

Uraian 4

Kalimat Tanya Bahasa Lampung

Peserta didik membuat satu kalimat tanya dalam Bahasa Lampung dengan kata tanya yang tepat.

Meningkatkan keterampilan bertanya menggunakan Bahasa Lampung.

C3 (Aplikasi)

Uraian

Uraian 5

Menulis Aksara Lampung (Sang Bumi Ruwa Jurai)

Peserta didik menulis frasa “Sang Bumi Ruwa Jurai” dalam aksara Lampung dengan benar.

Melatih keterampilan menulis aksara Lampung dengan ejaan yang tepat.

Psikomotor (Keterampilan)

Uraian



untuk evaluasi :

1.      Silahkan kalian pahami materi atas.

2.      Kerjakan pertanyaan yang sudah miss berikan.

3.   Silahkan hubungi Miss Rere apabila ada kendala.

 

                                                                 Motivasi 

"Barang siapa menginginkan dunia, hendaklah ia berilmu, dan Barangsiapa menginginkan akhirat, hendaklah ia berilmu."



Terimakasih, Tetap Semangat Nak dan Tetap Jaga Kesehatan YAAA…..💪

 

Wassalamualaikum. Wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI LUS (Latihan Ujian Sekolah) Kelas 6 ABCD

KISI-KISI SUMATIF AKHIR SEMESTER(SAS) GANJIL- KELAS IV A,B dan C

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) - KELAS VI A,B,C dan D