KISI-KISI STS GANJIL KELAS IV (Empat)
Hari / Tanggal : Senin/ 13 Oktober 2025
No Soal |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
Tujuan Pembelajaran |
Level Kognitif (Bloom) |
Bentuk Soal |
1–5 |
Helauni Kebejamaan (Nilai Kebersamaan) |
Peserta didik mampu memahami isi cerita “Helauni Kebejamaan”, mengenali
tokoh, makna kebersamaan, dan nilai moralnya. |
Meningkatkan pemahaman terhadap bacaan berbahasa Lampung dan meneladani
nilai kerja sama dan tolong-menolong. |
C1–C2 (Pengetahuan & Pemahaman) |
Pilihan Ganda |
6–10 |
Kalimat dalam Bahasa Lampung (SPOK) |
Peserta didik dapat mengidentifikasi subjek, predikat, objek, dan
keterangan dalam kalimat Lampung. |
Mampu mengenali pola kalimat dasar (S–P–O–K) dan menyusun kalimat
sederhana dengan benar. |
C2–C3 (Pemahaman & Aplikasi) |
Pilihan Ganda |
11–17 |
Himat Energi (Penghematan Energi) |
Peserta didik memahami konsep energi, macam-macam sumber energi, serta
pentingnya menghemat energi. |
Mampu menjelaskan jenis-jenis energi dan contoh penggunaannya dalam
kehidupan sehari-hari. |
C2–C3 (Pemahaman & Aplikasi) |
Pilihan Ganda |
18–23 |
Kata Tanya dalam Bahasa Lampung |
Peserta didik mampu menggunakan kata tanya seperti sapa, dipa, pigha,
akkun pa, kunpa dalam kalimat. |
Mengembangkan kemampuan bertanya dan menjawab menggunakan kata tanya
Bahasa Lampung dengan konteks tepat. |
C2–C4 (Pemahaman & Analisis) |
Pilihan Ganda |
24–28 |
Pekerjaan dan Tempat (Petani, Nelayan, Guru) |
Peserta didik mampu mengenali kosa kata pekerjaan dan aktivitasnya dalam
Bahasa Lampung. |
Mengenal istilah pekerjaan dan tempat kerja menggunakan Bahasa Lampung
dengan benar. |
C2–C3 (Pemahaman & Aplikasi) |
Pilihan Ganda |
29–33 |
Membaca Aksara Lampung |
Peserta didik dapat membaca tulisan Lampung ke dalam huruf Latin dengan
benar. |
Melatih kemampuan membaca dan mengenali huruf serta bunyi dalam aksara
Lampung. |
C3 (Aplikasi) |
Pilihan Ganda |
34–36 |
Susunan Kata menjadi Kalimat |
Peserta didik dapat menyusun kata acak menjadi kalimat Bahasa Lampung
yang benar. |
Meningkatkan kemampuan berbahasa dan menyusun kalimat logis sesuai tata
bahasa Lampung. |
C3–C4 (Aplikasi & Analisis) |
Pilihan Ganda |
37–40 |
Makna Kata dan Sinonim Bahasa Lampung |
Peserta didik memahami arti kata seperti nanom, sabah, ngawil, ngajagh
dalam konteks kalimat. |
Memperluas perbendaharaan kosa kata Bahasa Lampung. |
C2 (Pemahaman) |
Pilihan Ganda |
41–45 |
Membaca Kalimat Beraksara Lampung |
Peserta didik mampu membaca dan memahami kalimat dalam aksara Lampung
seperti “Petani nanom padi di sabah.” |
Mengembangkan kemampuan membaca dan melafalkan aksara Lampung. |
C3 (Aplikasi) |
Pilihan Ganda |
Isian 1–10 |
Kalimat dan Kata Tanya Bahasa Lampung |
Peserta didik mampu melengkapi kalimat, menuliskan arti, dan menentukan
kata tanya yang sesuai. |
Meningkatkan keterampilan menulis dan memahami konteks kalimat Lampung
sederhana. |
C3 (Aplikasi) |
Isian |
Uraian 1 |
Menyusun Kalimat S–P–O–K |
Peserta didik membuat satu contoh kalimat Bahasa Lampung dengan pola
S–P–O–K. |
Melatih kemampuan menulis kalimat lengkap dalam Bahasa Lampung. |
C3–C4 (Aplikasi & Analisis) |
Uraian |
Uraian 2 |
Membaca Tulisan Lampung (Himt/aEnERgi) |
Peserta didik menuliskan hasil bacaan aksara Lampung ke huruf Latin. |
Melatih keterampilan transliterasi dari aksara ke Latin. |
C3 (Aplikasi) |
Uraian |
Uraian 3 |
Cara Menghemat Energi |
Peserta didik menuliskan contoh cara menghemat energi dalam kehidupan
sehari-hari. |
Menanamkan kesadaran pentingnya perilaku hemat energi. |
C2–Afektif |
Uraian |
Uraian 4 |
Kalimat Tanya Bahasa Lampung |
Peserta didik membuat satu kalimat tanya dalam Bahasa Lampung dengan kata
tanya yang tepat. |
Meningkatkan keterampilan bertanya menggunakan Bahasa Lampung. |
C3 (Aplikasi) |
Uraian |
Uraian 5 |
Menulis Aksara Lampung (Sang Bumi Ruwa Jurai) |
Peserta didik menulis frasa “Sang Bumi Ruwa Jurai” dalam aksara Lampung
dengan benar. |
Melatih keterampilan menulis aksara Lampung dengan ejaan yang tepat. |
Psikomotor (Keterampilan) |
Uraian |
Komentar
Posting Komentar